Sabtu, 24 Maret 2012

Refleksi 4 Alpro

Pada pertemuan ke-4 saya bekerja secara kelompok.. Alhamdulilah pada pertemuan ke-4 ini teman saya banyak. Lebih dari 4 orang... Pertemuan ini membahas tentang perulangan.


Kami diberi tugas untuk survey di sekitar lokasi untuk mencari perulangan dalam kehidupan sehari2. Kemudian kelompok kami diberikan tugas lagi untuk mengerjakan latihan kasus 4.8.. yang hasilnya bisa dilihat di dalam blog ini..http://sweetsmile13.blogspot.com/2012/03/perulangan-loop.html

Selengkapnya...

Refleksi 3 Alpro

Untuk Pertemuan ke-3, Dosen memberikan materi tentang Pemilihan / kondisi. Kami kemudian membuat kelompok diskusi yang beranggotakan 4 orang (ini dah digabung lho.. hehehe) Ada uang yang mau gabung lagi g?? biar kelompok kami lebih solid ^_^..


Kami membahas Tentang Kondisi dalam diskusi tersebut.. Dan kelompok kami di beri tugas untuk mengerjakan latihan "Mencari Akar2 Imaginer " yang bisa dilihat di blog ini hasilnya.^_^

Selengkapnya...

Refleksi 2 Alpro

Hari ke-2 makul alpro saya tidak berangkat. Dikarenakan saya kesiangan... hehehe... 


Kecapekkan setelah menjadi panitia dalam acara sastra yaitu puisi... 
Oke,,, setelah saya tanya kepada teman yang masuk kuliah, hari itu dosen memberikan materi tentang dasar-dasar algoritma,..


Berikut ini saya akan mencoba menceritakan algoritma dalam mengambil uang di ATM :
1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM
2. Masukkan no PIN ATM (Jangan Sampai ada orang yang tahu no PIN nya Lhoooo... ^_^)
3. Jika berhasil masuk maka masuk ke menu utama. Jika gagal, maka mengulangi proses memasukkan no PIN (Ini adalah Pemilihan / Seleksi / Kondisi)
4. Pilih menu Penarikkan Uang 
5. Pilih Jumlah yang ingin di ambil
6. Jika tidak ada nilai dari jumlah yang yang akan kita ambil, maka kita memasukkan sendiri jumlah uang yang ingin kita ambil. Melalui menu "Jumlah Lain"(Ini adalah Pemilihan / Seleksi / Kondisi).
7. Seandainya sudah memasukkan jumlah uang yang ingin kita ambil, maka tekan menu tarik tunai.
8. Ambil Uangnya
9. Tekan menu tidak ingin bertransaksi lagi jika ingin berhenti. Jika tidak maka tekan menu transaksi lain. (Ini adalah Pemilihan / Seleksi / Kondisi)
10. Kartu akan keluar beserta struck transaksi.



Semoga bermanfaat........ ^_^...

Selengkapnya...

Refleksi 1 Alpro

Ini adalah hari pertama di mana saya mengikuti mata kuliah Alpro untuk kedua kalinya. hehehe...



Oke... Hari pertama masuk,,, seperti biasa kontrak belajar dengan dosen.. Setelah itu, kami diberikan materi tentang motivasi. Dosen mencetitakan tentang filosofi sun gokong mengambil kitab suci ke barat... Dosen menceritakan bagaimana menjadi pribadi yang unggul dan sukses....

Selengkapnya...

Mencetak Bilangan 1 sampai 4 Menggunakan Repeat Until

Setelah dalam postingan terdahulu saya pernah membahas algoritma dalam mencetak angka 1 sampai 4 dengan menggunakan perulangan for dan while, maka untuk posting kali ini saya akan mencoba membuat algoritma mencetak angka 1 sampai 4 menggunakan perulangan yang lain yaitu menggunakan repeat until.




Berikut ini Algoritmanya :


Algoritma Cetak Angka: 
{Mencetak Angka 1-4}


Deklarasi :
i = integer


Deskripsi : 
i <- 1
repeat
write (i)
i <-   i+1
until (i>4)

Semoga Algoritma Singkat ini Bisa Membantu ^_^.... Tetap Semangatttttt!!!!!

Selengkapnya...

Mencetak Bilangan 1 sampai 4 Menggunakan While

Setelah dalam postingan terdahulu saya pernah membahas algoritma dalam mencetak angka 1 sampai 4 dengan menggunakan perulangan for, maka untuk posting kali ini saya akan mencoba membuat algoritma mencetak angka 1 sampai 4 menggunakan perulangan yang lain yaitu menggunakan while


Berikut ini Algoritmanya :

Algoritma Cetak Angka: 
{Mencetak Angka 1-4}

Deklarasi :
i = integer

Deskripsi :
i <- 1
while (i <=4 ) do
write (i)
i <- i+1
endwhile

Semoga Algoritma Singkat ini Bisa Membantu ^_^....

Selengkapnya...

Mencetak Bilangan 1 sampai 4 Menggunakan For

Berikut ini saya mencoba berlatih membuat algoritma untuk mencetak angka 1 sampai 4 menggunakan perulangan for




Algoritma Cetak Angka: 
{Mencetak Angka 1-4}
Deklarasi :
i = integer
Deskripsi :
fot i <- 1 to 4 do 
write (i)
endfor





Semoga Algoritma Singkat ini Bisa Membantu ^_^
 



Selengkapnya...

Menghitung Akar-Akar Imajiner

Berikut ini algoritma mencari akar-akar imajiner :


1. Start
2. Masukkan Nilai a
3. Masukkan Nilai b
4. Masukkan Nilai c
5. disk=b*b-4*a*c
6. Jika disk < 0 maka imaginer=sqrt(-disk)/(2*a)
7. real=-b/(2*a)
8. Cetak "real="+real+"imajiner"+im+"i"

Selengkapnya...

Algoritma Membandingkan Nilai Terbesar Antara Dua Buah Bilangan

Berikut ini saya tampilkan algoritma dan proram untuk membandingkan nilai terbesar antara dua buah bilangan.


Contoh kasusnya adalah melanjutkan yang kemarin, yaitu membandingkan antara 50 dan 30 mana yang lebih besar.. 

Berikut ini Algoritmanya :  





Berikut ini saya tampilakn Programnya dalam C++ :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

class Banding {
friend istream& operator>>(istream&, Banding&);
public :
Banding(){};
void Bandingkan(){
if {a>b}
cout<<"Bilangan Terbesar : "<<a;
else 
cout<<"Bilangan Terbesar : "<<b;
}
private :
int A,B;
};

istream& operator>>(istream& in, BAnding& bilangan){
cout<<"Masukkan Nilai A = ";
in>>bilangan.a;
cout<<"MAsukkan Nilai B =";
in>>bilangan.b;
return in;
};

main(){
Bandingkanbilangan;
cin>>bilangan;
bilangan.bandingkan();
getch();
return 0;
}



Semoga Bermanfaat.... ^_^


Selengkapnya...

Materi Pemilihan / Kondisi Dalam Alpro

Pada Materi ini, saya mempelajari tentang kondisi atau pemilihan melalui contoh kasus. Karena saya lebih suka praktikum ketimbang teori... heheh ^_^



Kasusnya adalah sebagai berikut : 
Tentukan Bilangan terbesar antara dua buah bilangan. yaitu antara 50 dan 30.

Jawab : 
Algoritmanya adalah sebagai berikut : 
Algoritma Maksimum
Menentukkan nilai terbesar antara dua bilangan 50 dan 30
Deklarasi
50,30 : interger
Deskripsi
read (50,30)
if(50>30) then write ("Bilangan Terbesar adalah = 50")
else write ("Bilangan Terbesar adalah = 30)
endif



Untuk Gambar Algoritma dan Programnya Akan saya lanjutkan di postingan berikutnya ..... Semoga Bermanfaat ..^_^..

Selengkapnya...

Program Menghitung Volume Bola Dalam C++

Berikut ini adalah source code menghitung volume bola : 



#include <iostream.h>
#include <conio.h>

class Bola {
friend ostream& operator<<(ostream&, const Bola&);
friend istream& operator>>(istream&, Bola&);
public:
Bola();
void Vbola(){v=4/3*22/7*r*r*r;}
private:
int r;
float v;
};

Bola::Bola(){
cout<<"Program Mengitung Volume Bola\n";
cout<<"Selamat Berkarya\n";
}

istream& operator>>(istream& in, Bola& masukkan){
cout<<"Masukkan Nilai r = ";
in>>masukkan.r;
return in;
}

ostream& operator<<(ostream& out, const Bola& keluaran){
out<<"Nilai r :"<<keluaran.r<<endl;
out<<"Volume Bola di atas : "<<keluaran.v<<endl;
}

main (){
Bola x;
cin>>x;
x.Vbola();
cout<<x;
getch();
return 0;
}


Semoga Bermanfaat... ^_^

Selengkapnya...

Algoritma Menghitung Volume Bola

Contoh kasusnya adalah :
Hitunglah volume dari sebuah lingkaran jika diketahui jari-jari dari lingkaran tersebut adalah 2 meter.


Jawab :
Diket : r = 2 meter.
          Pi=22/7
Dit : Volume Bola....?

Vbola =  4/3*22/7*r*r*r
          = 4/3 *22/7 *2*2*2
          = 33,52 meter persegi

Algoritmanya :


1. Start
2. Memasukkan Nilai r
3. Rumus Volume Bola =4/3*22/7*r*r*r
4. Mencetak Nilai Volume Bola
5. End

Selengkapnya...

Algoritma Menghitung Luas Segitiga

Berikut ini adalah algoritma untuk mencari luas segitiga  = 



 Langkah-langkahnya adalah =
1. Start
2. Masukkan nilai alas
3. Masukkan nilai tinggi
4. Luas segitiga L=1/2*a*t
5. Cetak nilai L
6. Selesai

Semoga bermanfaat..^_^

Selengkapnya...

Jumat, 23 Maret 2012

PERULANGAN (LOOP)

Kasus 4.8.



Hitunglah axb dengan metode penjumlahan


Analisis :
axb = a + a + … + a (sebanyak b kali)

Ini berlaku untuk a positif maupun negatif
Bagaimana bila b negatif ?

Jawab :




1. Start
2. Masukkan Nilai a
3. Masukkan Nilai b
4. Nilai kali = 0
5. Nilai i dimulai dengan 1
6. Kemudian di Loop

7. Jika i>b maka cetak hasil kali
8. JIka i<b, maka kali = kali+a
9. i=i+1

Selengkapnya...